welcome


web stats

Popular Posts

From Luqman Hakiem


Luqman hakiem di dalam qur’an itu istimewa. Allah ingin menegaskan bahwa seorang yang tidak mulia di mata manusia, bukan siapa-siapa di mata manusia, bukan orang terkenal, pengaruh, pejabat, keluarga kaya dan terpandang, tapi di mata Allah bisa jadi sangat mulia.

Luqman hakiem adalah seorang budak pada zamannya. Berkebangsaan mesir dan konon di makamkan di Iskandariyah. Alexandria, Mesir. Kapan2 kita ke sana ya? Aamiin. Usianya panjang, 1000th. Bahkan diriwayatkan, beliau ini tidak cakep parasnya seperti kebanyakan arab yang ganteng2, he he. Beliau pendek, pesek, hitam legam. Tapi itulah. Allah menggembirakan orang2 yang kecil hati, yang ga pede dengan keadaan dirinya, agar melihat Allah saja, hidup dengan penilaian Allah.

Beliau juga adalah sosok ayah yang bijak. Di antaranya adalah, beliau senang mengajak ngobrol dan mendidik anak2nya. Semoga saya, dan bapak2, juga calon2 bapak, bisa menjadi sosok seperti luqman, aamiin. Dan diantara nasihatnya yang saya inget sehubungan dengan sedekah adalah: "wahai anakku, ambillah harta sekedar keperluanmu. Selebihnya nafkahkan untuk akhiratmu. Semoga banyak hal bisa dipetik dari tulisan singkat ini.

0 komentar: