welcome


web stats

Popular Posts

Dosa besar yang ada dalam Al-Qur'an

Assalamulaikum wr.wb
Berikut adalah dosa yang paling besar di sisi Allah swt .
                1.Syirik kepada Allah swt. Allah swt. berfirman : Sesungguhnya orang yang menyirikkan Allah, pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah di neraka.
                2.Sikap putus asa dari rahmat Allah. Allah swt. berfirman : Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir.
                3.Sikap merasa aman dan merasa pasti akan bebas dari azab Allah.
                4.Durhaka kepada kedua orang tua karena Allah swt.
                5.Membunuh nyawa yang dilarang oleh Allah swt melainkan karena kebenaran yang diperintahkan.
                6.Menuduh wqanita yang baik-baik. Allah swt. berfirman : Sesungguhnya orang-orang yang menuduh wanita yang baik-baik yang lengah dari beriman (berbuat zina) mereka kena laknat di dunia dan di akhirat dan bagi mereka azab yang besar.
                7.Memakan harta anak yatim. Allah swt. berfirman : Sesungguhnya orang- orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)
                8.Lari dari pasukan saat berperang jihad di jalan Allah swt.
                9.Makan riba. Allah swt. berfirman : Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan berdirinya seperti orang yang kemasukan setan.
                10.Sihir. Allah swt. berfirman : Sesungguhnya mereka telah meyakini dan telah menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah keuntungan baginya di akhirat.
                11.Zina. Allah berfirman : Dan hamba-hamba Allah yang baik dari Tuhan Yang Maha Penyayang ialah orang-orang yang tidak bezina.
                12.Sumpah palsu. Allah berfirman : Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit, mereka itu tidak mendapat bagian (pahala) di akhirat.
                13.Berkhianat. Firman Allah : Barang siapa yang berkhianat dalam urusan rampasan perang, maka pada hari kiamat dia akan datang membawa apa yang dikhianatinya itu.
                14.Menahan harta zakat yang diwajibkan Allah swt. Firman Allah : Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.
                15.Minum arak. Allah swt. berfirman : Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.
                16.Meninggalkan salat atau sesuatu yang wajib dengan sengaja. Rasulullah saw. bersabda : Maka dia telah keluar dari naungan Allah dan naungan Rasul-Nya.
                17.Ingkar kepada ikrar-janji dan memutuskan tali silaturahmi.
                18.Saksi palsu dan menyembunyikan kesaksian. Allah swt. berfirman : Barang siapa yang menyembunyikannya, maka sesungguhnya ia adalah orang yang berdosa hatinya.
“celakalah orang-orang yang berpendapat dengan ra’yunya dan menantang ilmu serta keutamaan kalian”
                 
 Wallahu'alam misowab
Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar: